Review Jujur : Lunpia Gang Lombok Semarang.


Semarang dan Lunpia menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Lunpia menjadi makanan dan oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke Semarang. Pun begitu saat kawan lawas gua datang ke Semarang untuk berlibur, sebut saja namanya Hendri. Jadi ceritanya dia dateng ke Semarang buat berkunjung ke tempat wisata yang jadi ikon Semarang, termasuk wisata kuliner. Saat bertanya makanan yang menjadi ikon Semarang, tanpa pikir panjang gua usulkan untuk nyobain Lunpia Gang Lombok yang sudah sangat legendaris itu.

Setelah salat jumat di Masjid Agung Jawa Tengah dan kunjungan singkat di Lawang Sewu, kami meluncur ke Lunpia Gang Lombok. Di Internet katanya Lunpia Gang Lombok tutup pukul 4 sore, saat itu kami berangkat dari Lawang Sewu sekitar pukul 3.15 sore. Sepanjang jalan udah was-was aja, jangan-jangan pas sampe sana tokonya udah tutup. Tapi ya namanya masih rejeki, pas sampe sana ternyata tokonya masih buka.

Lumpia semarang adalah makanan yang tercipta akibat akulturasi antara Budaya Jawa dengan Tionghoa


Sejujurnya gua masih agak trauma makan lunpia? KENAPA?? Bukan tanpa alasan. Gua waktu itu pernah beli lunpia mentah dari sebuah tempat oleh-oleh di Semarang. Harganya lumayan murah, 40 ribu dapet 5 biji. Hmmm setibanya di JKT, gua minta emak gua supaya goreng tuh lunpia. Mau tau rasanya? Ya allah, rebungnya rasa ketek  :( Iya, bau ketek. Sejak saat itu gua ga mau makan lunpia lagi.

Kembali ke Lunpia Gang Lombok. Lunpia Gang Lombok adalah warung Lunpia tertua di Semarang. Saat ini saja warung tersebut sudah dikelola oleh Generasi Ketiga. Wow, bukan lagii. Konon, keluarga pemilik warung inilah yang pertama kali menciptakan Lunpia Semarang. 

Di warung Lunpia Gang Lombok ini dijual dua varian lunpia : Goreng dan Basah. Harganya lumayan ‘mahal’ menurut gua, yakni Rp. 15.000 untuk satu porsi. Isian lunpianya terdiri atas udang, telur, dan komposisi utama yakni REBUNG.

Lantas, bagaimana rasanya?

Lunpia Gang Lombok, Semarang
Here we go! Lunpia Gang Lombok, Semarang

15 menit kemudian, pesanan pun tiba. Hendri pesan lunpia basah, sementara gua pesan lunpia goreng. Pesanan datang bersama sepiring penuh selada dan cabe ijo. Lunpia yang disajikan sudah dalam kondisi termutilasi menjadi 4 bagian (TERMUTILASI JARE).

Baca Juga :


Rekomendasi Fil-film Pendek Indonesia Terbaik


Jalan dan Jajan di Glodok, Pecinannya Jakarta


Back to Solo ; Belanja di Pasar Klewer
Pas gua makan…. HAH…………………… MMMMH…. Mungkin inilah lunpia Semarang terenak yang pernah gua makan :”””). Rasanya gurih, rebungnya manis, dan komposisi antara telur, udang, dan rebungnya seimbang. Ditambah siraman saus kental manis (yang sepertinya campuran gula jawa) dan olahan acar timun semakin menambah kelezatan lunpia ini. Rebungnya sama sekali ga bau, guys. Rasanya sedikit manis, dan jadi penyeimbang rasa gurih dari kulit dan campuran udang serta telurnya.

Gua berkesimpulan bahwa pemilik Lunpia Gang Lombok ini pintar mengolah rebung. Soalnya konon katanya kalo kita ga pandai mengolah rebung, rebungnya bisa jadi berbau amis mengeluarkan bau tidak sedap. (Jadi inget kasus lunpia bau ketek 😭😭 )

Lunpia Gang Lombok, Semarang
Selalu ramai setiap hari, terutama ketika liburan dan weekend

Gua juga sempet cobain lunpia basah punya Hendri. Kalo menurut gua sih, lebih enak Lunpia Goreng dibanding basah. Selain karena kulitnya yang lebih crunchy, lunpia goreng juga lebih gurih dibanding yang basah. Ternyata makan satu porsi lunpia itu udah cukup kenyang sih. Hmmmm cukup lah buat mengganjal perut sampe makan malem.  Rp 15.000 YANG SANGAT WORTH IT!

lunpia Gang Lombok
Untuk yang mau nyobain Lunpia Gang Lombok, bisa banget dateng ke tempatnya langsung di Gang Lombok No 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang. Warungnya deket-deketan sama Kelenteng Tay Kak Sie. Buat yang beragama Islam  (Muslim), jangan khawatir, Lunpia ini 100% Halal kok. Mau bawa lunpia Gang Lombok buat oleh-oleh? Bisa banget! Lunpia basah dan goreng bisa bertahan 14 hari setelah dibawa dari Semarang. 

Buat kalian yang ingin nyobain lunpia Gang Lombok yang legendaris ini, berikut ada beberapa tips yang perlu disimak :

  1. Bagi yang membawa motor/mobil, bisa memarkirkan kendaraannya di halaman Kelenteng Tay Kak Sie. Dijamin aman
  2. Jika tidak ingin menunggu lama, datang lah sejak pagi. Karena semakin siang pengunjung yang datang semakin banyak.
  3. Waktu itu gua pernah mampir ke toko ini , kebetulan h+3 imlek. Dan ternyata tutup dong! Jadi buat kalian yang jauh-jauh datang dari luar kota dan datang ketika perayaan Imlek, bisa menghubungi pihak kedai lunpia terlebih dahulu untuk memastikan apakah kedai ini buka atau tidak.
  4. Bagi yang belum kenyang, di sekitar Gang Lombok juga terdapat kedai makanan/minuman lainnya seperti Es Cao Gang Lombok, Bakmi Babi, dan aneka kuliner di Pujasera Tay Kak Sie.
Ke sini lagi hari Minggu. Beli buat oleh-oleh teman di JKT
Perjalanan gua dan Hendri menelusuri wisata di Semarang masih berlanjut. Setelah Lunpia Gang Lombok, kami pergi mencicipi kuliner yang sudah sangat melegenda di Semarang. Penasaran??? Stay Tune ya! (Kalo ga mager Insya Allah gua lanjutin wkwk)

A recipe is a story that ends with a good meal,

― Pat Conroy

10 komentar:

  1. Ngedeskripsiin lunpianya bikin ngiler dew!! Duh aku aja blm pernah kesana terus jadi pingin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib banget coba yang lumpia goreng!!! Demi apapun enak. Tapi agak mahal wkwk *dasar anak kos. Jangan ngaku cah Semarang kalo belom nyobain lunpia ini wkwkw

      Hapus
  2. Sumpe ya sama banget sama nisul, mana aku bacanya malem-malem pula abis itu ngeliat lumpia jadi laper dong saya pak:") dan btw pasti sugesti banget dah ngomong worth it padahal sebenernya bisa dapet nasi rames wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw padahal 15 ribu bisa makan di warteg 2 kali :(. Tapi beneran enak kokk 15 ribu ga sia-sia. Ini beneran, ga perez wkwkw.

      Hapus
  3. makanannya keliatan enak enak, terima kasih atas artikelnya. bisa juga mampir ke blog mengenai pinjaman kta jika berkenan

    BalasHapus
  4. Wah asli pengen banget nyobainn. waktu ke semarang gak sempet kesanaa karena emang cuma sebentar banget:( btw buat informasinya makasi banyak yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang banget. Lain kali kalo ke Semarang lagi wajib buat mampir ke lunpia ini :D

      Hapus
  5. Ini di grup kuliner semarang dibilang pake minyak babi. Mending yg ada label halal mui

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.